"Sesungguhnya telah ada pada diri (Rasulullah) itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan ia banyak menyebut Allah". (Qur’an Surat: Al Ahzab: 21)

Paramater Penentu Prestasi Motor Diesel Pada Engine Side  

Rabu, 07 Mei 2008


Tulisan berikut mencoba mengkupas secara singkat prestasi motor diesel yang dipengaruhi oleh parameter di sisi engine. Masih banyak parameter lain di luar engine yang juga mempengaruhi prestasi motor diesel, seperti kondisi turbo, kondisi cooling system, kualitas bahan bakar. Untuk satu parameter saja diperlukan banyak penjelasan lebih detailnya.

Injektor
Injektor pada motor diesel bertanggungjawab pada pengabutan bahan bakar dalam silinder. Kualitas pengabutan yang kurang baik menyebabkan proses pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Hal ini biasanya ditandai dengan temperatur exhaust yang tinggi, karena delay time sebelum bahan bakar menjadi lebih panjang, ada kemungkinan bahan bakar terbakar pada akhir langkah buang, sehingga bahan bakar terbakar di saluran gas buang.

Pompa Injeksi Bahan Bakar
Pompa injeksi bahan bakar bertugas menaikkan tekanan bahan bakar sebelum melalui injektor. Tekanan yang kurang tinggi mempengaruhi jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam silinder, hal ini menyebabkan kualitas pembakaran pada silinder yang mengalami kerusakan pada pompa injeksi menjadi kurang sempurna. Biasanya ditandai dengan tekanan pembakaran yang lemah jika dibandingkan silinder lainnya. Fungsi lain bahan bakar adalah sebagai pendingin dalam ruang bakar, volume bahan bakar yang kurang dapat menyebabkan temperatur mesin tinggi.

Timing Penyemprotan Bahan Bakar
Timing penyemprotan sangat berpengaruh pada kualitas pembakaran. Sudut penyemprotan yang semakin awal akan menyebabkan laju kenaikan tekanan pembakaran semakin cepat, hal ini membuat semakin awal sudut penyemprotan semakin tinggi tekanan pembakaran dalam silinder. Jika timing penyemprotan terlambat, maka waktu yang dibutuhkan bahan bakar untuk
terbakar menjadi sempit, bahan bakar dapat terbakar di knalpot atau saluran exhaust, hal ini yang sering menyebabkan pipa exhaust membara karena tinggi temperatur gas buang, sering sekali menjadi penyebab terjadinya derating pada prestasi motor diesel.

Timing Buka Tutup Katup
Ada 2 jenis katup pada setiap silinder, intake dan exhaust. Intake sebagai saluran masuk udara segar, sedangkan exhaust sebagai salauran keluar gas buang hasil pembakaran. Pada mesin 4 langkah ada 2X posisi piston pada TDC, atau lebih dikenal dengan posisi TOP.


Pertama TOP pembakaran, saat intake dan exhaust sama-sama tertutup, kedua TOP overlap, saat intake dan exhaust sama-sama terbuka. Pada saat TOP overlap adanya proses yang dikenal sebagai pembilasan (scavenging). Proses ini sangat penting untuk mendinginkan temperatur dinding silinder, memang ada akibat yang harus ditanggung bahwa adanya aliran udara yang terbuang, sehingga ada kemungkinan mesin kekurangan udara segar untuk proses pembakaran.
Waktu buka tutup katup pada keadaan yang sebenarnya dapat dideteksi dengan tepat oleh pengukuran vibrasi pada silinder head dengan domain waktu yang dipetakan terhadap sudut crankshaft. Setiap kali katup menutup maka ada spike (lonjakan) pada grafik vibrasi akibat ketukan katup.











AddThis Social Bookmark Button

Email this post


 

Design by Amanda @ Blogger Buster